HYPNO NEWS

Sunday, November 8, 2015

Agar Hasil Terapi Permanen, Harus Seperti Ini

Sahabat, hipnoterapi sebagai salah satu terapi komplementer, memang terbukti berhasil dalam membantu beragam masalah dari klien, terutama masalah yang terkait dengan emosi atau psikis.

Lantas apakah hasil dari hipnoterapi bisa dikatakan benar-benar permanen? Selama proses terapi berjalan lancar dan benar-benar ketemu akar masalahnya hingga diproses dengan tuntas, maka klien akan benar-benar lepas dari masalahnya. Namun, klien bisa saja mengalami masalah jika mengalami trauma ulang.


Misalnya, klien takut dengan kucing, kemudian diproses menggunakan hipnoterapi hingga tuntas. Beberapa lama kemudian, klien mengalami kejadian lain, misalnya tengah malam tiba-tiba ada kucing hitam sudah ada di atas tubuhnya. Kejadian ini tentu merupakan trauma ulang, yang menimbulkan masalah baru.

Klien juga bisa kembali ke masalahnya yang lalu, walaupun sudah diatasi dengan hipnoterapi, jika klien memutuskan untuk menganulir hasil dari terapi yang pernah ia jalani. Selain itu, perlu kesungguhan klien untuk menjaga dan mempertahankan hasil terapi. Jika tidak, kemungkinan untuk kambuh akan mungkin terjadi. Sama halnya ketika Anda terkena sakit flu. Setelah sembuh, bisa saja kembali flu jika sengaja main hujan-hujanan lagi.

Selain hal tersebut di atas, klien juga bisa kambuh jika proses terapi dilakukan oleh hipnoterapis yang kurang berpengalaman sehingga tidak tuntas dalam memproses akar masalah. Boleh jadi, yang ditangani hipnoterapis, belum menyentuh ke akar masalah sesungguhnya.

Hal ini pernah terjadi, karena saya pernah melakukan terapi kepada klien yang sebelumnya ditangani hipnoterapis lain di luar lulusan Adi W Gunawan Institute. Ternyata akar masalah belum ditemukan oleh hipnoterapis sebelumnya, sehingga masalah kembali muncul.


Karena itu, pastikan memilih hipnoterapis yang cakap, andal, dan berpengalaman, sebelum memutuskan untuk menyelesaikan masalah dengan hipnoterapi. Ini untuk menjamin hasil akhir dari terapi benar-benar tuntas, serta memberikan rasa aman dan nyaman. Semoga bermanfaat. (*)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes