Tuesday, November 24, 2015

“Dulu Saya Takut Ular”


Sebelum saya mengikuti workshop Quantum Life Transformation (QLT) yang dilaksanakan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology pada 2014 lalu, saya termasuk salah satu orang yang sangat parno alias takut sama binatang melata ini. Rasa takut itu sudah ada jauh sebelum saya mengenal dunia hipnoterapi seperti sekarang. Bahkan sudah ada sejak kecil.

Takut, ngeri, geli, jijik, merinding, keringat dingin, deg-degan, hingga gemetar, adalah beberapa emosi yang seketika muncul ketika melihat ular. Bahkan pernah suatu ketika, sahabat saya yang tergabung dengan komunitas reptil, ingin berkunjung ke kantor dengan membawa serta ‘kekasihnya’ masing-masing. Saya dengan tegas menolak, dan tidak mau kantor saya menjadi ‘kebun binatang’ mini.

Ketika mengikuti workshop QLT itulah, ternyata peserta dibekali teknik yang sangat ampuh yakni Hypno-Emotional Freedom Technique (EFT). Teknik ini bisa dipakai untuk menghilangkan emosi apa saja, termasuk takut dengan binatang yang satu ini.

Iseng, saat malam hari selepas mengikuti workshop, saya coba teknik tersebut. Hasilnya memang luar biasa. Semua emosi tidak nyaman setiap kali melihat reptil ini seketika hilang, lenyap. Ketika ada kesempatan berlibur ke Jatim Park – Malang, saya pun mencoba, apakah rasa takut itu benar-benar hilang atau masih ada. Terbukti memang sudah hilang. Dengan berani saya menyentuh cukup lama dan bermain dengan binatang ini.

Sahabat saya yang pencinta reptil tadi, tidak percaya ketika melihat foto saya memegang ular di media sosial. Dia pun ‘mengancam’ membawa pasukan dengan peliharaannya masing-masing. Ancaman itu saya terima, dan terbukti ada lima orang datang ke kantor dengan membawa ular berbagai ukuran.

Inul, begitu nama ular paling besar yang dimiliki sahabat saya, dikeluarkan dari tas dan saya mulai menyentuhnya dan melilitkan di leher. Sahabat saya ini benar-benar tidak menyangka, secepat itu perasaan takut bisa hilang. Padahal menurut dia, tidak mudah menghilangkan perasaan takut dengan binatang kesayangannya itu.


Dalam pemahaman saya yang sekarang, rasa takut itu memang bisa dihilangkan dengan sangat mudah. Tak perlu waktu lama, hanya beberapa menit. Yang penting tahu caranya dan betul-betul ingin melepaskan rasa takut itu. Bagaimana menurut Anda?   

Artikel Pilihan

MENGERIKAN, LGBT Sudah Menyerang Pelajar

Entah harus mulai dari mana. Yang jelas, ketika menuliskan ini, saya masih merasa syok dan tidak percaya. Begitu parahnya kah kehidup...