HYPNO NEWS

Saturday, November 21, 2015

Usaha Sukses Bisa Gagal Akibat Ulah Pikiran Bawah Sadar


Cara kerja pikiran bawah sadar memang sangat unik. Salah satu keunikannya adalah, dia memiliki sistem proteksi tanpa persetujuan dari tuannya sendiri. Ini pula yang terjadi ketika saya melakukan terapi pada salah satu klien.

Klien ini datang dengan keluhan selalu gagal dalam menjalankan usahanya. Dia ingin bisa lebih fokus dan lebih giat dalam menjalankan usaha. Setiap kali dia memulai sebuah usaha, selalu terhenti di tengah jalan. Dia sendiri mengaku tidak tahu persis apa sebabnya. Yang jelas, selalu saja ada hambatan.

Soal kemampuannya dalam berusaha, klien ini punya bekal yang cukup mumpuni. Rajin menghadiri seminar wirausaha, juga seminar motivasi. Pendek kata, untuk urusan menjalankan usaha, sudah sangat mampu. Tak heran jika dia merasa ada yang aneh, karena setiap usaha yang dijalankan selalu terhenti di tengah jalan.

“Di awal-awal usaha, sangat semangat dan banyak ide yang keluar. Begitu sudah mau mencapai puncak, langsung drop,” ucapnya.

Klien pun saya bimbing menjalani sesi hipnoterapi. Tak perlu waktu lama untuk membawa klien mengalami relaksasi yang dalam dan menyenangkan. Dengan mudah pula saya melakukan hipnoanalisis, mencari akar masalah yang menjadi penyebab klien selalu gagal dalam menjalankan usaha.       

Dalam proses hipnoanalisis akhirnya terungkap, pikiran bawah sadar sengaja melakukan sabotase atas semua usaha yang dijalankan klien. Kok bisa? Ya, ternyata ini dampak dari kejadian di masa lalu.

Lima tahun lalu, saat klien masih menjalani pernikahan dengan istrinya, pernah merintis usaha membuat keramba ikan di salah satu daerah di Kaltim. Usaha yang dirintis itu berhasil dan boleh dibilang sukses.

Saat usaha keramba ikannya berada di puncak kesuksesan, ternyata sang mertua mengambil alih usaha tersebut secara sepihak. Kondisi itu menyebabkan klien stres dan tidak bisa berbuat apa-apa. Perlakuan mertua yang mengambil alih usaha yang sudah maju itu, membuatnya benar-benar terpukul dan drop. Hingga akhirnya, dia pun memutuskan untuk menyudahi pernikahan dengan istrinya itu. Apalagi terungkap, sang mertua menyetujui pernikahan hanya karena faktor harta.

Akibat kejadian itulah, pikiran bawah sadar akhirnya membuat program baru, melindungi tuannya agar tidak mengalami hal yang sama. Pikiran bawah sadar akhirnya selalu membuat usaha yang dijalankan jangan sampai sukses. Kenapa? Sebab kalau sampai usaha yang dijalankan sukses, takut nanti diambil lagi oleh orang lain. Kalau diambil oleh orang lain, maka klien akan kembali terluka dan sakit hati.

Pikiran bawah sadar memang lugu. Dia tidak tahu apakah yang dilakukan salah atau tidak. Yang dilakukan pikiran bawah sadar hanya bekerja sesuai dengan informasi yang dia dapatkan. 

Dalam kasus di atas, informasi yang masuk adalah “jika usaha sukses, akan diambil orang lain”.

Untuk mengatasi hal tersebut, pikiran bawah sadar pun membuat sistem baru, “supaya tidak diambil orang, usaha yang dijalankan jangan sampai sukses.”

Dengan menggunakan ego personality therapy, saya melakukan komunikasi dengan pikiran bawah sadar untuk menanamkan program baru. Pikiran bawah sadar klien akhirnya setuju saat diberikan program dan tugas baru. 

Program yang diberikan adalah mendukung usaha yang dijalankan klien hingga benar-benar sukses dan berhasil. Namun dalam proses penanaman program baru itu, pikiran bawah sadar meminta syarat, yakni klien harus rajin bangun pagi dan taat salat lima waktu. Klien setuju, dan bersedia menjalankan permintaan pikiran bawah sadar tersebut.

Proses restrukturisasi tuntas, klien kemudian dibimbing menjalani proses future pacing. Terakhir klien diberikan sugesti pengunci agar jika di masa depan mengalami hal yang sama di masa lalu, sama sekali tidak akan berpengaruh sedikit pun.

Pikiran bawah sadarnya setuju dan siap bekerja sebaik-baiknya untuk menjalankan perintah yang sudah diberikan. Usai sesi hipnoterapi, klien merasa nyaman dan lebih plong. Seketika, berbagai ide pun mulai bermunculan di kepalanya. Klien pun merasa dua kali lipat lebih semangat dibanding sebelumnya untuk kembali menjalankan usahanya.

Bagaimana menurut Anda? 

Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes