BREAKING NEWS

Tuesday, December 8, 2015

Anak Trauma Dihantam Balok, Tuntas dengan Hipnoterapi


Ketika kedua orangtua bercerai, umumnya anak selalu menjadi korban. Ini pula yang terjadi pada klien bernama Budi (bukan nama sebenarnya), berusia 17 tahun, yang menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Klien ini sebelumnya dalam perlindungan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Odah Etam Provinsi Kaltim, yang selama ini fokus memberikan pendampingan terhadap korban KDRT. Jika sebelumnya pemulihan trauma selalu dilakukan oleh sejawat psikolog, kali ini dialihkan menggunakan metode hipnoterapi. Klien pun setuju ketika diberikan tawaran oleh staf P2TP2A Odah Etam Provinsi Kaltim, untuk menjalani sesi hipnoterapi.

Dari hasil wawancara sebelum proses hipnoterapi diketahui, klien benar-benar sangat dendam dan benci terhadap ayahnya. Budi yang seharusnya bisa menghabiskan masa mudanya untuk berprestasi ini, terpaksa putus sekolah. Ia tidak bisa melanjutkan kuliah, selepas lulus SLTA, karena ayahnya sudah benar-benar tidak lagi peduli dengan pendidikannya. Kondisi ini menyebabkan Budi semakin stres dan tertekan. Budi memang tinggal dengan ayahnya, selepas ayahnya bercerai dengan ibunya.

Klien merasa orangtuanya berubah semenjak bercerai. Ayahnya menjadi sangat temperamental dan mudah marah. Klien beberapa kali mengalami perlakuan kasar oleh ayahnya. Dia merasa tidak diperlakukan sebagai manusia, namun sebagai benda mati. Klien bahkan merasa ayahnya ingin memutus hubungan darah antara ayah dan anak.


Tidak perlu waktu lama untuk bisa membimbing Budi mengalami relaksasi yang dalam dan menyenangkan. Dari hasil hipnoanalisis, banyak sekali rentetan kejadian yang membuat klien ini sangat trauma dan menaruk dendam.

Di antaranya dipaksa tidur gelap gulita tanpa penerangan sedikit pun, juga sering kali menjalankan tugas-tugas rumah tangga yang menurutnya tidak ringan. Dari mulai mengangkat air, mengepel, hingga mengangkat barang dagangan. Yang lebih menyakitkan klien, selepas melaksanakan tugas, tak juga diberikan uang jajan.   

Ayahnya bahkan pernah mendatangi sekolah klien, dan menyampaikan kepada gurunya bahwa klien suka melawan orangtua jika di rumah. Sekolah  dituduh ayahnya gagal mendidik klien. Padahal klien adalah anak berprestasi bahkan ranking di kelas. Hal itu membuat Budi sangat marah sekaligus malu.

Banyak lagi rentetan kejadian lain yang membekas pada Budi, di antaranya ketika dibangunkan ayahnya dengan cara diketok kepalanya menggunakan gayung. Belum lagi ketika sedang banjir, klien disuruh jalan kaki menerobos banjir untuk pergi ke sekolah. Ayahnya enggan mengantar karena khawatir mobil akan mogok. Padahal, mobil yang digunakan ayahnya bisa menembus banjir.  

Puncaknya adalah, ketika lengan kanan klien dihantam menggunakan balok kayu oleh ayahnya, hingga memar membiru. Tak hanya itu, lehernya pun sempat dililit dengan kabel sehingga klien tercekik kesakitan.

Berbagai kejadian ‘sadis’ dari ayahnya itu, tak urung membuat klien benar-benar mengalami trauma berat. Dengan teknik gestalt therapy serta extreme trauma cure, semua kejadian yang membuat klien trauma dibereskan hingga tuntas. Lebih dua jam waktu yang diperlukan untuk mengatasi trauma klien ini.

Usai hipnoterapi, klien merasa jauh lebih nyaman dan tidak lagi dendam dengan ayahnya. Bahkan Budi membuktikan bisa berperilaku baik dan siap menunjukkan kepada ayahnya bahwa dia kelak bisa sukses. Klien mengatakan bisa bersikap lebih dewasa, bisa mengendalikan emosi, serta tahu saat yang tepat bicara dengan ayahnya. Budi pun kini menjadi tahu kondisi ayahnya, termasuk tahu kapan waktunya bekerja dan bermain. Bahkan Budi juga lebih rajin membantu ayahnya. 

Satu minggu setelah proses terapi, klien merasa lebih nyaman dan bisa menerima dengan ikhlas kondisi ayahnya, dan merasa lebih mengerti. Perubahan sikap klien terhadap ayahnya pun membuat ayahnya penasaran dan meminta juga sesi hipnoterapi pada kesempatan berikutnya.

Bagaimana menurut Anda?



Share this:

 
Copyright © 2014 Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes