Sunday, December 6, 2015

Cerdaskan Anak dengan Musik


Sudah banyak artikel yang membahas bahwa musik membantu meningkatkan kecerdasan anak. Pasalnya para bayi bisa memiliki suatu kesamaan terhadap maestro musik klasik seperti Bach dan Beethoven. Bayi memiliki kesamaan dalam mendengarkan tinggi nada yang tepat. Bayi lahir bukan tanpa kemampuan apa-apa, tapi telah siap untuk belajar, demikian yang dilaporkan dalam sebuah penelitian di Amerika.

Tapi bagaimana tinggi nada yang tepat bisa membantu bayi dalam belajar? Hal ini berkaitan dengan bagaimana otak meresponse suara bunyi dan frekuensi. Antara bayi dan orang dewasa memiliki perbedaan dalam memproses suara.

Bayi-bayi dilahirkan mirip seperti seorang ahli "statistik kecil" yang memiliki kemampuan mendeteksi pola pada suara. Metode pendengaran ini merupakan dasar untuk mempelajari bahasa dan memberi bayi kemampuan untuk mengerti antara lain dimana kata-kata dimulai dan diakhiri.


Sama halnya dengan ahli gambar peta, tinggi nada yang tepat juga memerlukan perlengkapan yang detail yang memberikan bayi suatu kemampuan untuk melacak semua informasi yang paling sulit pun melalui pendengarannya.

Namun demikian kemampuan bayi akan semakin berkurang setelah anak tumbuh dewasa. Tapi bayi akan merasa bosan bila mendengarkan serangkaian nada sempurna yang sama, tapi mereka akan terpaku pada serangkaian musik dari nada yang relatif berbeda.

Waktu yang tepat untuk mempelajari musik adalah pada saat anak berusia enam tahun. Karena dipastikan ada suatu masa kritis pada awal kehidupan dimana setiap orang bisa memperoleh nada yang tepat dan setelah itu sangat sulit untuk mendapatkannya kembali.

Sejauh ini banyak penelitian yang mendukung teori tersebut di atas. Banyak pilihan yang bisa dilakukan orangtua untuk memperkenalkan musik pada anaknya seperti musik klasik atau musik jazz dan pop yang lebih soft dan easy listening.

Satu lagi yang perlu dicatat, musik-musik seperti itu akan membuat anak cerdas karena musik membantu memaksimalkan perkembangan otak anak terutama pada saat dia tidur. Pada saat ini perbaikan dan pembangunan seluruh sistem dalam tubuh termasuk otak dilakukan.

Bagi sahabat yang Muslim, memperdengarkan murotal Alquran juga bisa menjadi pilihan yang tepat dan cerdas untuk buah hati Anda. Banyak penelitian yang mempelajari bagaimana bayi yang diperdengarkan ayat suci Alquran dengan bacaan yang indah, akan meningkatkan kecerdasan anak, bahkan akan memudahkan mereka kelak dalam menghafal kitab suci ini. Tak hanya setelah lahir, bahkan ketika saat masih di perut, janin atau bayi di dalam perut juga akan meresponse suara dengan sangat baik.


Bagaimana menurut Anda?

Artikel Pilihan

MENGERIKAN, LGBT Sudah Menyerang Pelajar

Entah harus mulai dari mana. Yang jelas, ketika menuliskan ini, saya masih merasa syok dan tidak percaya. Begitu parahnya kah kehidup...