Wednesday, December 9, 2015

Distorsi Waktu dalam Hipnoterapi


Hampir semua klien yang menjalani sesi hipnoterapi, merasa bahwa waktu yang dia jalani selama proses terapi hanya sebentar. Ketika saya tanya, kira-kira berapa lama waktu yang diperlukan selama proses terapi? Jawabannya rata-rata 30 menit sampai maksimal hampir 1 jam. Jarang ada yang menyebutkan dua jam atau bahkan lebih.

Padahal, umumnya proses terapi memakan waktu minimal 1,5 jam. Pernah saya lakukan hanya 1 jam, itu pun ketika klien datang dalam kondisi sudah abreaksi, sehingga saya tinggal memandu klien agar rileks lebih dalam lagi.

Sahabat, saat klien sudah dalam kondisi deep trance, tidak lagi mengingat berapa lama waktu yang ia jalani saat proses terapi. Padahal, rata-rata proses terapi memakan waktu 2 jam, bahkan pernah saya melakukan terapi hingga 4 jam, karena akar masalah dari klien ini memang cukup banyak dan kompleks. Sebagai hipnoterapis, saya harus sabar untuk mengurai satu demi satu masalah itu, hingga akhirnya bisa tuntas dan klien merasa plong dan nyaman.


Melakukan terapi 3 jam sampai 4 jam memang tidak mudah. Perlu kreativitas dan bekal teknik yang beragam untuk bisa mengatasi masalah klien yang sangat rumit. Terkadang, sebagai hipnoterapis kerap ‘tertipu’ dengan pikiran bawah sadar klien. Awalnya masalah yang disampaikan seolah biasa saja, tapi ternyata akar masalahnya adalah akar serabut, cukup banyak dan sulit dicabut. Ada juga yang datang dengan masalah yang kedengarannya rumit dan sulit. Ternyata ketika sudah dikomunikasikan dengan pikiran bawah sadar, akar masalahnya hanya satu dan sepele, sehingga proses terapi berjalan lebih cepat.

Ya proses terapi tak ubahnya seperti sedang di perjalanan. Awalnya mengira di jalan lancar, eh di tengah jalan ternyata ada kejadian yang membuat perjalanan terhambat berjam-jam. Ada juga yang dikira macet di tengah jalan, ternyata lancar ketika di perjalanan.

Sebagai perbandingan, melakukan proses terapi selama 3 jam saja, itu hampir setara dengan perjalanan dari Samarinda ke Bontang, atau setara dengan perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Jika dari Surabaya sudah bisa sampai Batu-Malang plus putar-putar kota.  

Pernah menonton bioskop dengan film yang durasinya cukup lama? Apalagi film India yang durasinya hingga lebih 3 jam? Anda pasti tidak merasakan betapa waktu yang diperlukan menonton film itu cukup panjang. Umumnya penonton merasa film itu cepat berlalu, dan keluar dari gedung bioskop dengan perasaan yang nyaman. Penonton baru tahu lamanya waktu yang diperlukan, saat melihat jam tangan. Ya, menonton film itu sejatinya dalam kondisi hipnosis, sehingga Anda juga mengalami distorsi waktu.

Distorsi waktu adalah merasakan waktu lebih cepat atau lebih lama. Ketika Anda menunggu sedang jatuh cinta dan menunggu kedatangan kekasih, waktu 5 menit pun terasa berjam-jam. Tapi ketika sudah berdua dengan kekasih Anda, waktu 5 jam pun terasa kurang karena terasa hanya sebentar. Pendek kata, ketika sudah dalam kondisi hipnosis seperti itu, jam tangan sudah tidak diperlukan keberadaannya

Karena itu jangan heran jika begitu keluar dari kondisi hipnosis, klien merasa segar dan nyaman, sementara terapisnya teler dan lemas. Bisa dibayangkan, membimbing klien mengatasi masalah hingga berjam-jam, memerlukan tenaga yang tidak sedikit. Itu pula yang menyebabkan, kenapa umumnya terapis hanya bisa menangani maksimal hanya dua klien. Sebab, waktu yang dipakai memang tidak sedikit. Atas alasan itu pula, hipnoterapis lulusan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology juga dibekali teknik pemulihan energi. Jika energi sudah terlalu banyak tersedot, ada teknik khusus untuk mengembalikan energi kembali fit dan pulih kembali. Sehingga terapisnya juga selalu sehat sempurna dan segar sepenuhnya.

Yang paling utama lagi adalah bisa membuang masalah yang diberikan klien dengan mudah. Sehingga masalah itu tidak justru membebani terapis. Beda dengan orang curhat, yang umumnya membuat pencurhat lega dan plong, namun yang dicurhati akhirnya kepikiran. Artinya, yang dicurhati mau menerima ‘sampah’, tapi tidak membuangnya lagi ke tempat lain.

Karena itu, jangan pernah takut ketika mendengar proses hipnoterapi memakan waktu cukup lama. Anda tinggal menjalani saja, karena tidak akan merasakan lamanya waktu yang diperlukan. Yang perlu dilakukan hanyalah, cukup siapkan waktu khusus untuk bisa mengatasi masalah Anda dengan mudah dan lancar.

Bagaimana menurut Anda?




Artikel Pilihan

MENGERIKAN, LGBT Sudah Menyerang Pelajar

Entah harus mulai dari mana. Yang jelas, ketika menuliskan ini, saya masih merasa syok dan tidak percaya. Begitu parahnya kah kehidup...