HYPNO NEWS

Thursday, December 24, 2015

Rumah Kosong? Hati-hati Pasang Status


“Berhubung rumah mati lampu, ngungsi dulu tempat nenek. Ayah belum pulang, jadi ngga bisa nyalakan mesin genset.” Demikian kalimat status yang terpasang di media sosial, baik itu di BlackBerry Messenger, Facebook atau media sosial lainnya. Entah apa motivasi dari pemilik smartphone dengan memasang status seperti ini.

Sahabat, sekilas memang tidak ada yang aneh dari status di atas. Namun, coba diteliti sekali lagi, tidakkah status semacam ini seolah memberikan informasi yang jelas kepada orang lain, bahwa rumah dalam keadaan kosong dan dalam kondisi mati lampu.


Sahabat, banyak sudah yang mengingatkan agar gunakan teknologi dengan bijak. Terbukanya akses dunia maya, membuat setiap orang mudah mengetahui apa saja termasuk tahu tentang siapa saja.

Saya misalnya, dengan mudah jika teman sedang berlibur dan rumahnya boleh jadi sedang kosong. Kenapa? Karena saya membaca status: “Pusy, jaga rumah ya. Pusy tahu kan di mana harus cari makanan? #edisiliburan,” demikian kalimat yang tertera di status. Tak lupa dipasang foto kucing yang sedang sendirian dari balik pagar.

Tidak masalah Anda berlibur ke mana saja, asal pastikan rumah ada yang menjaga dengan baik. Jika rumah benar-benar dalam keadaan kosong dan rawan, maka hindari membuat status yang menunjukkan Anda dan keluarga sedang tidak ada di rumah.

Bukankah pesan Bang Napi sudah jelas, kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat, tapi karena ada kesempatan. Waspadalah..(*)

Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes