BREAKING NEWS

Monday, December 14, 2015

Syarat Utama, Atas Niat Sendiri


Beberapa kali saya menerima klien yang datang bukan atas permintaan sendiri, bahkan setengah dipaksa. Parahnya lagi, ada yang begitu bertemu saya malah bengong, karena benar-benar tidak tahu dia dibawa ke tempat saya untuk keperluan apa. Umumnya, ini terjadi karena dia dianggap bermasalah, padahal bagi dirinya sendiri, belum tentu merasa bermasalah.

Sebagai hipnoterapis lulusan Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology, saya harus menjalankan protokol terapi dengan benar. Salah satunya, tidak serta merta melakukan terapi kepada klien yang sama sekali tidak ingin diterapi. Kenapa? Saat klien datang dengan paksaan, bukan atas keinginan sendiri, maka pikiran bawah sadar klien belum tentu menjalankan arahan dan bimbingan dari hipnoterapis.


Karena itu, kepada pihak yang meminta maupun yang diminta untuk datang ke tempat terapi, keduanya harus saya berikan edukasi dan sharing mengenai apa itu hipnoterapi.

Pada saatnya nanti, jika klien sudah merasa nyaman dan paham tentang hipnoterapi, serta bersedia tanpa paksaan menjalani terapi, barulah proses hipnoterapi bisa dijalankan. Itu pun tidak harus pada hari yang sama.

Beberapa klien umumnya juga memastikan dahulu dan ingin mengenal lebih dekat apa itu hipnoterapi. Setelah mendapat referensi yang cukup, langkah berikutnya adalah memastikan memilih hipnoterapis yang tepat dan nyaman bagi klien itu sendiri.

Beberapa kali memang ada klien yang sebelumnya diantar rekannya, bahkan pasangannya, untuk menjalani sesi konsultasi atau sekadar mencari informasi. Begitu merasa yakin dan mantap, umumnya klien seperti ini datang sendiri di kemudian hari.

“Saya lebih nyaman ke sini sendiri. Pasangan tidak perlu tahu kalau saya sudah ke sini. Nanti pasangan saya juga yang merasakan apakah saya berubah lebih baik atau tidak. Kalau perlu pasangan tidak tahu bahwa saya berubah lebih baik karena hipnoterapi,” beber salah satu klien memberikan alasannya, kenapa datang seorang diri.

“Kalau datang sama pasangan, nanti pasti dia tanya apa yang terjadi. Apalagi saya ngga bisa bohong. Jadi lebih baik dia tidak tahu,” tambahnya lagi.
Apalagi kalau sudah berkaitan dengan hubungan antar-pasangan, umumnya tentu pasangan itu sendiri yang menjadi penyebab. Karena itu, tak sedikit klien yang memilih datang sendiri saat menjalani sesi terapi, walau saat konsultasi, mereka datang berdua.

Pahami dulu apa itu hipnoterapi dengan mencari literatur yang pas dan tepat. Jika sudah memahami, Anda tinggal pilih hipnoterapis yang cakap dan andal, serta tidak terlalu jauh dengan tempat tinggal Anda.

Untuk rujukan terapis sesuai tempat tinggal Anda, silakan mengunjungi website: www.adiwgunawan.com atau bisa juga di kolom endorsement di www.endrosefendi.com. Bagaimana menurut Anda?




 


Share this:

 
Copyright © 2014 Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes