HYPNO NEWS

Saturday, January 2, 2016

Hanya Gara-gara PR, Ibu Ini Kehilangan Rasa Percaya Diri


Mendalami teknologi pikiran memang unik. Tak hanya saya sebagai hipnoterapis, klien yang menjalani proses hipnoterapi pun terkadang merasa aneh dan tidak menyangka, ternyata akar masalah terkadang dari sesuatu yang dianggap sepele.

Seperti kasus yang dialami wanita ini. Guru dari sebuah sekolah menengah kejuruan di Kaltim ini datang dengan keluhan rasa tidak percaya diri. Awalnya dia merasa tidak terganggu dengan rasa pede yang dimiliki. Namun semakin lama, tuntutan pekerjaannya yang mengharuskan sering berbicara di depan umum, membuat wanita ini semakin gugup dan grogi.


“Terkadang begitu bicara di depan umum, langsung lupa semua dengan apa yang mau dibicarakan,” sebut wanita 38 tahun ini.

Sementara, belakangan ini dia sering mendapat tugas dari kepala sekolah untuk presentasi. Baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, termasuk di Dinas Pendidikan setempat. Kondisi ini membuat dirinya semakin tidak percaya diri.

“Tangan saya langsung terasa dingin,” ucapnya, menyampaikan reaksi yang timbul setiap kali hendak presentasi.

Berbekal informasi di dunia maya, ibu ini akhirnya ‘tersesat’ di website www.endrosefendi.com. Berbagai artikel yang saya tulis membuat wanita ini memberanikan diri untuk menjalani sesi hipnoterapi.

Meski harus menempuh perjalanan darat yang cukup panjang hingga memakan waktu berjam-jam, namun niatnya untuk mengatasi rasa percaya diri itu sangat kuat.

Sebelum dibimbing untuk menjalani sesi hipnoterapi, seperti biasa, sesuai standar protokol Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology, saya berikan penjelasan awal tentang apa saja proses yang akan dilalui ibu ini.

“Awalnya, saya kira prosesnya seperti yang di TV-TV itu. Ternyata berbeda ya. Saya jadi semakin yakin dan tidak takut,” kata ibu ini.

Klien ini pun dengan mudah saya bimbing untuk mengalami relaksasi yang dalam dan menyenangkan. Begitu sudah di level profound somnambulism, sebuah ukuran kedalaman pikiran bawah sadar yang efektif untuk terapi, saya pun melakukan hipnoanalisis.

Dengan teknik tertentu, akhirnya penyebab rasa tidak percaya diri ini berhasil ditemukan, yakni terjadi ketika masih duduk di kelas 6 sekolah dasar (SD).

Saat masih SD itu, klien ini ternyata sempat lupa mengerjakan pekerjaan rumah (PR). Akibatnya, begitu di sekolah, klien ini harus mengerjakan tugas yang lebih banyak lagi dari guru tersebut. Kejadian inilah yang ternyata menjadi akar masalah, sehingga terus menggelinding bak bola salju, hingga menyebabkan wanita ini tidak percaya diri.

“Saya sendiri tidak menyangka, ternyata itu penyebabnya,” kata wanita ini usai sesi hipnoterapi.

Selepas menjalani sesi terapi, klien ini merasa lega dan sangat plong. “Tadi waktu sebelum terapi, tangan saya sebenarnya terasa dingin. Gugup dan takut rasanya. Sekarang sudah biasa, normal,” bebernya.

Ibu guru ini pun pulang dengan perasaan nyaman dan senyum sumringah. Kali ini dia pun semakin yakin sudah tidak ada masalah berbicara di depan umum.


Berangkat dari kasus ini, apakah Anda yakin sudah berdamai dengan masa lalu Anda? Anda sendiri yang mampu menjawabnya. (*)  

Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes