HYPNO NEWS

Monday, January 18, 2016

Jangan Remehkan Trauma

Warga Jakarta, bahkan seluruh Indonesia, sudah terbukti berani alias tidak takut dengan aksi terorisme. Namun, bagi orang yang terlibat langsung bahkan yang sampai jadi korban luka, tentu menyisakan trauma yang mendalam.

Sahabat, trauma tidak bisa diabaikan begitu saja. Trauma ini letaknya tersimpan rapi di memori pikiran bawah sadar. Karena itu, mereka yang punya trauma umumnya tak mudah untuk menghapusnya secara permanen.


Memang, trauma tidak muncul setiap saat. Namun ketika ada pemicu yang kejadiannya hampir mirip dengan kejadian awal pemicu trauma, maka emosi akan muncul kembali.

Lantas bagaimana menghapus trauma? Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan metode hipnoterapi. Apakah setelah menjalani sesi hipnoterapi klien akan lupa dengan kejadian tersebut?

Kejadiannya tentu masih ingat dengan jelas. Namun, emosi yang tersangkut di dalam kejadian itu, sudah netral. Sehingga perasaan tidak nyaman seperti yang menempel pada kejadian awal, tidak akan timbul lagi dan bisa menjalani aktivitas sehari hari seperti biasanya.

Teror di Jakarta tentu akan meninggalkan trauma mendalam bagi beberapa orang. Setelah luka fisik akibat bom dipulihkan, selanjutnya secara psikis juga perlu penanganan serius. Banyak alumni Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology yang mampu menangani penanganan trauma pasca terorisme.

Sementara bagi warga lain, termasuk saya, kejadian teror di Jakarta kemarin tak banyak menimbulkan trauma. Kenapa? Ini karena response yang sangat luas biasa dari penduduk jakarta

Teror dianggap aman saja. Semua warga santai saja sehingga tidak menimbulkan trauma. Andai setiap kali ada kejadian, response yang kita berikan seperti trauma kemarin, tidak ada lagi perasaan galau dan sedih.


Andai putus cinta disikapi dengan santai dan bercanda, tentu tidak ada lagi patah hati. Kejadian apa pun, bergantung pada emosi Anda menyikapinya. Semakin terbiasa memberikan response pada setiap kejadian, maka Anda akan menjadi pribadi yang kuat dan unggul. Bagaimana menurut Anda?

Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes