HYPNO NEWS

Monday, April 18, 2016

Gara-gara SPG, Siswa SMP Ini Alami Sulit Berkomunikasi


Belum lama ini, seorang ibu membawa anaknya yang masih duduk di bangku SMP untuk diterapi. Siswa SMP ini memiliki kendala dalam komunikasi, yakni gagap saat berbicara di depan umum. Akibatnya, rasa percaya dirinya pun ‘babak belur’.

Klien ini saya minta untuk mengisi formulir terlebih dahulu. Dari data yang disampaikan, tertungkap bahwa klien memiliki perasaan takut dan cemas yang cukup tinggi. Namun, dari diskusi awal, klien ini mengaku tidak tahu pasti apa penyebabnya. Yang jelas, perasaan takut dan cemas itulah yang membuatnya agak kurang lancar saat berbicara di depan umum.  Yang jelas perasaan takut itu akan semakin kuat saat dia gagap dalam berbicara, dan di-bully oleh teman-temannya di kelas.


Usai penjelasan secara detail tentang proses hipnoterapi, klien siap dibawa ke kondisi kedalaman pikiran yang dalam dan menyenangkan. Dengan teknik yang efektif, klien ini dengan mudah masuk ke kondisi profound somnambulism. Inilah kedalaman yang efektif melakukan proses terapi pada klien.

Proses pencarian akar masalah pun dilakukan. Dari hipnoanalisis, terungkap ada beberapa masalah yang muncul. Dari mulai di-bully oleh teman-temannya, hingga beberapa kejadian lain yang memperkuat kondisi klien hingga mengalami gagap saat berbicara. Hingga akhirnya, “boom”…. akar masalah pun berhasil ditemukan.

Penyebab awal ternyata terjadi saat klien berusia 8 tahun. Saat itu klien masih duduk di kelas 2 sekolah dasar. Malam itu, klien sedang berjalan-jalan ke sebuah pusat perbelanjaan di Samarinda bersama orang tuanya. Di pusat perbelanjaan tersebut, ternyata sedang ada pameran barang elektronik. Kedua orang tuanya sempat melihat pameran produk elektronik tersebut, dan klien tentu ikut serta.

Ketika sedang asyik melihat pameran itulah, salah satu sales promotion girl (SPG) alias pramuniaga, mencoba menggoda klien. Wanita yang menjaga stan pameran itu mendekati dan menyentuh pipi klien serta membujuk untuk membeli produk elektronik yang ditawarkan. Wanita dengan rok mini itu membuat klien merasa sangat takut dan cemas. Klien mengaku sangat risih dengan apa yang sudah dilakukan wanita tersebut.

Proses restrukturisasi atas kejadian itu pun dilakukan dengan beberapa teknik hipnoterapi. Hasilnya, klien mengaku merasa lega dan nyaman. Sebelum klien dibawa ke kondisi sadar sepenuhnya, sempat dicoba untuk merasakan dan membayangkan kembali sedang berbicara di depan umum. Aman, klien benar-benar bisa berbicara dengan tenang dan lancar. Percobaan ini dilakukan hingga beberapa kali, klien tetap merasa tenang dan lancar berbicara.

Usai dibawa naik dari kondisi kedalaman pikiran bawah sadar, wajahnya langsung segar dan cerah. Senyumnya mengembang dan perasaannya jauh lebih nyaman. Klien sempat ditanya, kira-kira berapa lama dia merasakan proses terapi berlangsung? “Tiga puluh menit,” ujarnya. Sebuah jam yang ada di ruang terapi pun saya tunjukkan. Ternyata proses terapi sesungguhnya memakan waktu lebih dari dua jam.

Demikianlah kenyataannya. (*)
   
  


Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes