HYPNO NEWS

Thursday, May 12, 2016

Siap Hadapi Ujian, Semangat Terbangkan Balon Impian


SAMARINDA – Kamis (12/5) pagi, saya diundang SD Islam Al Hikmah Samarinda Seberang, untuk memberikan pembekalan pada para siswa kelas VI jelang ujian nasional pekan depan. Materi yang saya berikan adalah Quantum Life Transformation for Kids, yang memang disesuaikan dengan kebutuhan anak-anak.

Dengan slide presentasi bergambar tokoh hero dalam film Civil War, para siswa langsung antusias menyimak materi ini. Poinnya, para siswa diberikan pemahaman bahwa mengerjakan soal ujian tak berbeda dengan ketika mereka bermain game. Terbukti, setiap siswa memiliki game favorit masing-masing. Nah, game inilah yang dijadikan pengait agar nanti ketika mengerjakan soal ujian, perasaan yang muncul sama dengan ketika memainkan game ini.


Dengan teknik rileksasi, para siswa dipandu untuk melepas semua emosi negatif. Termasuk melepas perasaan marah, jengkel, sakit hati, dendam, dan apa pun kepada orang di sekitarnya. Baik dengan ayah dan ibu, bapak dan ibu guru, kakak, adik, kakek, nenek, siapa pun yang tidak nyaman, semua dilepaskan. Ini agar semua hambatan bisa lepas dan siswa bisa mengikuti ujian nasional dengan lebih lepas.

Setelah semua proses pelepasan emosi dilalui, para siswa pun dipandu untuk menyusun impiannya masing-masing. Dengan kertas yang disiapkan, mereka mulai menuliskan impian yang personal dan bermakna. Impian yang ditulis dipastikan nyaman dan jelas.

Tak sedikit siswa yang memiliki daftar impian sangat panjang dan cukup detail. Jika selama ini mereka hanya memiliki hayalan, maka ketika ditulis, kini sudah bisa disebut impian. Tak hanya siswa, para guru, termasuk saya sendiri, tak mau ketinggalan dengan prosesi ini. Beruntung pihak sekolah memesan jumlah balon yang lebih, sehingga saya pun bisa ikut menggantungkan impian pada balon warna pink.

Proses pembagian balon berjalan tertib, namun sebelumnya, para siswa dipandu untuk memperkuat impian itu dengan beberapa teknik khusus. Mereka menjalankan dengan antusias dan semakin semangat.

Hingga tiba akhirnya, mereka benar-benar melepaskan balon impian. Namun sebelumnya, salah satu guru memandu memanjatkan doa kepada Allah, dengan harapan semuanya bisa terkabul. Terlihat wajah yang bersemangat dan antusias, diiringi doa di hatinya masing-masing, mereka menatap balon yang terbang tinggi sampai benar-benar tak lagi terlihat.

Selamat terbang semua impian. Semoga kelak semua impian itu perlahan-lahan bisa terwujud nyata. Aamiin. (*)


Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes