HYPNO NEWS

Friday, August 26, 2016

Kenapa Wanita Lebih Banyak Berbicara? Ini Penyebabnya…


Pria dan wanita memang memiliki ciri khas berbeda-beda. Satu di antaranya banyak keistimewaan yang berbeda adalah, wanita ternyata mampu lebih banyak berbicara ketimbang pria.

Hal ini seperti disampaikan pakar teknologi pikiran Adi W. Gunawan dalam talkshow tentang pola pikir yang digelar di Hotel Platinum Balikpapan, belum lama ini. Dikatakannya, dalam satu hari wanita mampu berbicara hingga 25 ribu kata. Sementara pria setengahnya, hanya sekitar 13 ribu kata. Hal itulah yang menyebabkan kenapa wanita jauh lebih cerewet ketimbang pria, karena wanita punya stok bicara lebih banyak.


“Saat pulang dari kantor, pria sudah kehabisan kata-kata. Sampai rumah dia hanya perlu minum kopi, atau sekadar nonton televisi untuk menghabiskan waktu sebelum tidur,” kata Adi.

Bandingkan dengan kaum hawa, sampai rumah dia masih perlu teman untuk ngobrol. Padahal, mungkin sudah seharian dia berbicara dengan rekan kerjanya, hingga menggosip. Sampai di rumah, dia masih tetap berharap bisa berbicara dengan suaminya. Kenapa? Karena stok bicaranya masih ada.

Karena itu, kata dia, para pria harus memahami ini. Yang dibutuhkan wanita hanya orang yang mau mendengarkan. “Tugas pria hanya mendengarkan saja,” ucapnya.

Sebagai pria dengan satu istri dan tiga anak perempuan, Adi mengaku harus siap menjadi pendengar yang baik. “Ada empat orang wanita di rumah. Total ada 100 ribu kata. Setiap hari mereka perlu orang untuk mendengar dan menghabiskannya. Bisa dibayangkan kan,” guraunya.

Dikatakan Adi, adalah tidak penting bagi wanita, apakah pasangannya memahami atau tidak apa yang ia sampaikan. Yang penting dia merasa didengarkan, dan stok kata hari itu bisa habis.


Hal tersebut juga menjadi alasan, kenapa para wanita sangat suka berada di forum-forum seperti arisan, reuni, dan sejenisnya. Karena mereka sama-sama perlu tempat untuk menghabiskan stok bicaranya.

Sementara itu, diketahui penyebab wanita cerewet itu adalah protein Foxp2. Para ilmuwan berhasil menemukan kunci yang menjelaskan alasan bahwa wanita lebih banyak bicara dibanding pria. Sebuah penelitian menunjukkan tingginya kadar protein FOXP2 di dalam otak manusia. Protein itu merupakan protein yang diperlukan untuk pembentukan bahasa. Dari penelitian diketahui protein ini lebih banyak terdapat pada wanita sehingga menjadikan mereka lebih banyak berbicara.

Peneliti Universitas Maryland menguji sampel dari sepuluh anak laki-laki dan perempuan berusia antara tiga dan lima tahun. Hasilnya, anak-anak perempuan memiliki protein tersebut 30 persen lebih banyak dibandingkan FOXP2 pada anak laki-laki. Dan ini terletak di area otak yang menjadi kunci bahasa pada manusia.

"Berdasarkan pengamatan kami, kami mendalilkan kadar FOXP2 yang lebih tinggi pada anak perempuan dan FOXP2 yang lebih tinggi pada tikus jantan yang merupakan indikasi kalau protein FOXP2 berhubungan dengan jenis kelamin yang lebih komunikatif," kata Peneliti Margaret McCarthy.

Peneliti juga menunjukkan kalau perempuan senang mengobrol sejak usia muda. Anak perempuan belajar berbicara lebih awal dan lebih cepat dibanding anak laki-laki. Anak perempuan memiliki kosakata yang lebih banyak dan berbagai jenis kalimat dibandingkan anak laki-laki dalam usia yang sama.

Demikianlah kenyataannya. (*)

Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes