HYPNO NEWS

Tuesday, September 27, 2016

Air Mineral dan Kapasitas Diri



Beberapa waktu lalu, ketika sedang berada di Jakarta, saya masuk sebuah mini market waralaba asing. Saat itu, saya hanya ingin membeli sebotol air mineral. Melihat banyaknya merek yang berbeda-beda, saya tanpa pikir panjang, memilih salah satunya.


Betapa terkejutnya ternyata air minum yang saya pilih harganya beberapa kali lipat lebih mahal. Jika sebotol air mineral ukuran 500 mililiter biasanya seharga Rp 4 ribuan, yang saya pilih ternyata Rp 18 ribu. Saya bingung, apa bedanya? Air minum ini tetap saya bayar, namun saya hanya penasaran, apa yang membuatnya mahal?

Air minum ini ternyata impor dari Perancis. Rupanya, inilah yang membuatnya mahal. Padahal ketika diminum, ya sama saja, tidak ada perbedaan rasa. Air mineral ya seperti itu, emang mau rasa apa lagi?

Saya lantas mengingat, inilah umumnya ketika seseorang memberikan penilaian terhadap sesuatu atau terhadap orang lain. Yang muncul adalah perasaan meremehkan sesuatu atau bahkan menganggap enteng orang lain.

Apa yang saya lakukan dalam memilih air minum, sama halnya saya sedang meremehkan air minum itu sendiri. Di dalam pikiran bawah sadar jelas menyampaikan, paling semua air minum sama.

Hal kecil ini memberikan pelajaran besar bagi saya. Jangan pernah meremehkan sesuatu. Teliti dan kenali. Jangan-jangan di antara puluhan, ratusan bahkan ribuan sesuatu yang dianggap sama, ternyata ada sesuatu yang berbeda, sesuatu yang istimewa, yang kemudian menjadi nilai tambah tersendiri.

Tak kenal maka tak sayang. Tak teliti maka tak tahu isinya. Maka kenali, dan telitilah sebelum memilih sesuatu.

Anda pasti pernah menemukan fakta, seseorang yang terlihat biasa-biasa saja, ternyata kemudian memiliki kelebihan khusus. Kapasitas istimewa itulah yang kemudian menjadi nilai tambah yang sebelumnya terkesan diremehkan.

Sama halnya ketika saya penasaran kenapa harga air minum tadi mahal, maka ketika Anda melihat ada seseorang dengan kapasitas berlebih, jelas juga akan mencari tahu, apa yang membuatnya istimewa. Hingga akhirnya, muncul sebuah pengakuan, wajar orang tersebut sangat istimewa.

Bagaimana menurut Anda?


Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes