BREAKING NEWS

Tuesday, April 11, 2017

Sungguh, Pikiran Sangat Luar Biasa



Beberapa waktu lalu, di sela-sela menjalani rutinitas di ruang redaksi Indopos Jakarta, seorang sahabat dari Kaltim menghubungi saya. Terdengar suaranya agak berat. Seperti habis menangis cukup lama. Dia pun menyampaikan beberapa masalah yang sedang ia alami. Dari mulai masalah pekerjaan, hingga persoalan pribadinya sendiri.



Dia merasa hidupnya sudah habis, tak ada semangat, dan bahkan ingin keluar dari muka bumi ini. Pendek kata, seandainya ada tiket pesawat tujuan planet lain, saya yakin dia sudah membelinya dan pergi ke planet itu.

Saya mendengar dengan khidmat semua keluhannya. Beruntung beban pekerjaan di ruang redaksi memang sudah sedikit lowong. Tak patut rasanya menghentikan semua keluhannya. Apalagi saya tahu, kawan saya ini dalam kondisi benar-benar membutuhkan solusi.

Setelah bercerita panjang kali lebar kali tinggi, saya pun mencoba membantunya untuk mengurai masalah yang ia hadapi. Beberapa pertanyaan kunci sengaja saya ajukan. Ini sekaligus untuk memperbaiki ulang jalur energi negatif yang sedang ia rasakan.

Setiap kali menjawab satu pertanyaan, nada suaranya terdengar semakin ringan. Setelah semua pertanyaan yang saya berikan berhasil dia jawab, dia merasa ada yang aneh. Tiba-tiba sesak di dadanya terasa semakin ringan bahkan sangat nyaman.

“Kok bisa sih? Beneran loh, rasanya langsung lega dan plong. Padahal aku cuma jawab pertanyaan aja kan? Aku ngga diapa-apain kan?” katanya keheranan. Semangat hidupnya terasa langsung kembali. Ibarat baterai yang tadinya sudah berkedip-kedip merah karena drop, kini kembali terisi.  Bahkan, beberapa ide untuk memulai pekerjaannya, langsung bermunculan. Tak perlu menunggu lama, dia berjanji akan melakukannya keesokan harinya.

“Terima kasih banyak ya bro bantuannya, he he he,” ucapnya menutup pembicaraan, disertai suara tawa bahagia.

Ya, mengubah jalur pikiran dengan beberapa pertanyaan kunci memang bisa memberikan hasil yang luar biasa. Bahkan tak perlu bantuan orang lain. Jika tahu caranya, semua orang bisa melakukannya sendiri.

Seberat apa pun masalah yang sedang dihadapi, pikiran sebenarnya punya jawabannya. Bahkan pikiran juga sudah tahu cara menyelesaikannya. Namun tak semua orang mampu membangkitkan potensi yang satu ini. Dengan latihan yang rutin dan terus-menerus, pikiran pasti akan membentuk pola yang tepat untuk membantu ‘tuannya’ dalam menghadapi semua masalah.

Tapi ingat, sedahsyat apa pun pikiran, tetap tidak diperkenankan men’Tuhankan pikiran. Sehebat apa pun pikiran, jauh lebih hebat lagi yang menciptakan pikiran. Maka gunakan pikiran secara optimal, berikutnya, tetap pasrahkan hasilnya kepada Yang Maha Kuasa.


Demikianlah kenyataannya. (*)

Share this:

 
Copyright © 2014 Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes