HYPNO NEWS

Wednesday, November 4, 2015

SMS Mesra Bikin Stress

Beberapa waktu lalu seorang klien wanita datang dengan keluhan selalu merasa cemas. Tak hanya itu, emosinya juga sulit terkontrol. Akibatnya, anak-anaknya pun menjadi korban kemarahannya. Anehnya, semakin perasaan tidak tenang, maka sikap anak-anaknya pun lebih menjadi-jadi.

Saya kemudian membimbing klien ini melakukan relaksasi yang dalam dan menyenangkan. Relaksasi ini penting, agar lebih mudah melakukan komunikasi dengan pikiran bawah sadar (PBS).  


Setelah klien memasuki kondisi profound somnambulism, yakni kedalaman tertentu yang efektif untuk berkomunikasi dengan PBS, terapi dengan mudah bisa dilakukan. Terungkap, akar masalah yang menyebabkan klien selalu cemas dan tidak bisa mengontrol emosi adalah karena sebuah pesan pendek alias short message service (SMS).

Kok bisa SMS? Ya, pesan pendek yang diterima klien saat malam menjelang tidur itu berupa SMS mesra dari seorang wanita lain, yang ternyata sudah lama menjalin hubungan dengan suaminya. Ini adalah awal mula trauma dan sakit hati yang kemudian terus menumpuk dan menjadi psikosomatis alias sakit yang disebabkan oleh emosi yang intens dan terus-menerus.  

Klien ini akhirnya bercerai dengan suaminya, sebab sang suami sudah menghamili pacar gelapnya. Namun sejak perceraian itulah, kondisi kehidupan klien menjadi selalu cemas dan mudah marah.

Trauma atas kejadian ini pun saya bantu hilangkan dengan teknik Extreme Trauma Cure (XTC). Hanya dalam waktu 5 menit, trauma klien ini hilang, dan merasa biasa saja dengan rangkaian kejadian yang selama ini membuatnya mudah marah.

Apakah klien lupa dengan kejadian tersebut? Klien sama sekali tidak lupa dengan kejadian ini. Namun yang dihilangkan adalah emosi yang menyertai kejadian ini. Sehingga, meski dia ingat dengan jelas kejadian yang sudah lalu, emosinya kini sudah netral dan biasa saja.


Dua hari usai terapi, saya coba komunikasi dan menanyakan hasilnya. Klien mengaku merasa lebih tenang dan sangat nyaman. Yang ajaib, kata dia, sikap anak-anaknya pun berubah menjadi sangat baik dan tidak lagi mudah rewel serta cerewet. Itulah kenyataannya. Ketika orang tua tenang, maka suasana rumah juga akan menjadi tenang. Sebaliknya jangan jeran jika saat pikiran kacau, maka suasana sekeliling seolah juga kacau semua. Semoga ada hikmah yang bisa diambil dari kisah ini. (*) 

Share this:

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes