HYPNO NEWS

Sunday, June 21, 2020

Ketika ESQ Juga Melirik Hipnoterapi

Pelatihan ESQ-Hypnotherapy Batch 2 yang digelar secara virtual.


Saat sebagian orang masih berdebat soal hipnoterapi ditinjau dari perspektif Islam, DR (HC) Ary Ginanjar Agustian tak mau ikut-ikutan melakukan penghakiman atas metode penyembuhan dengan kekuatan pikiran bawah sadar itu. Melalui lembaga yang membesarkan namanya, ESQ Leadership Center, Ary Ginanjar malah membuka pelatihan sertifikasi ESQ-Hypnotherapy.


Sebagai salah seorang hipnoterapis klinis yang praktik sejak 2015 silam, tentu saja saya sangat gembira melihat fakta tersebut. Secara tidak langsung, ini menjadi salah satu pengakuan besar bahwa hipnoterapi terbukti efektif membantu orang lain kembali pada fitrahnya sebagai manusia ciptaan Allah. 

Nyatanya selama ini, masih ada saja umat Islam yang berpandangan kurang positif terhadap metode hipnoterapi. Ada yang mengatakan bid’ah, sesat, hingga bantuan jin atau setan. Di kelas ESQ-Hypnotherapy ini lah, saya justru mendapatkan pemahaman utuh mengenai metode ini ditinjau dari segi agama Islam.   

Kelas ESQ-Hypnotherapy ini pertama kali diluncurkan Maret 2020 lalu. Namun karena ada pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, saya belum berkesempatan mengikutinya. Berharap bisa mengikuti jadwal selanjutnya, pandemi Covid 19 ternyata ikut melanda Indonesia. Impian itu pun pupus.

Tapi ternyata ESQ Leadership Center tak berhenti berinovasi. Kelas ESQ-Hypnotherapy Batch 2 tetap digelar secara virtual. Kali ini saya tak mau melewatkan kesempatan. Agenda lain terpaksa digeser dulu, bahkan ada yang dibatalkan. Saya harus siapkan waktu 5 hari penuh, belajar di depan laptop.

Membosankan? Ternyata tidak. Seharian di depan laptop dengan suguhan materi yang isinya ‘daging’ semua, membuat waktu berlalu dengan cepat. Apalagi, materi yang diberikan mampu mengisi ‘ruang kosong’ yang selama ini belum saya dapatkan. Apa itu? Yakni tinjauan hipnoterapi dari sisi agama Islam.

Selain itu, ada hal penting lainnya. Para hipnoterapis, melalui konsep ESQ, diajak untuk bisa bermanfaat dan semata-mata bisa membantu orang lain karena Allah.  

Bram Wibisono yang lebih akrab disapa Coach Bram, dengan gamblang menjelaskan bagaimana konsep 165 yang diajarkan di ESQ, justru lebih mudah dicapai salah satunya dengan bantuan hipnoterapi.

“Angka 1 dalam ESQ maksudnya adalah Ihsan, menyadari bahwa ada kekuatan utama, ada kekuatan besar yaitu Allah. Semua, semata-mata hanya karena Allah. Hipnoterapi bisa membantu manusia kembali pada fitrahnya, kembali pada konsep Ihsan,” beber Coach Bram  

Ary Ginanjar yang berkesempatan menyapa para peserta ESQ-Hypnotherapy Batch 2 secara virtual juga menambahkan, hipnoterapi adalah salah satu metode yang sangat efektif membantu orang lain kembali pada fitrahnya. Bedanya, dengan sentuhan ESQ, ada dimensi spiritual yang juga dikedepankan dalam membantu orang lain. Harapannya, seseorang akhirnya mampu memunculkan kekuatan besar yang tersimpan dalam pikiran bawah sadarnya dan menembus potensi spiritualnya.

Saya pribadi, meski sudah menjadi hipnoterapis klinis, nyatanya banyak hal yang bisa saya pelajari di kelas ini. Semua materi saya simak. Tidak hanya menyiapkan gelas kosong, kali ini saya benar-benar menyiapkan gelas baru. Sehingga bagian diri saya yang sudah menjadi hipnoterapis klinis, tidak sibuk melakukan analisa atau membandingkan apa yang sudah saya pelajari sebelumnya.

Setiap kali sesi relaksasi, saya pun merasakan sensasi istimewa. Ada sentuhan spiritual yang lebih maksimal di kelas ESQ-Hypnotherapy ini. Fenomena itu jelas tidak pernah saya dapatkan sebelumnya.

Semoga saja, kehadiran ESQ-Hypnotherapy ini memberikan manfaat besar kepada mereka yang ingin tumbuh dan berkembang lebih maksimal. Selain itu, bisa membantu orang lain mengatasi masalahnya, semata-mata untuk mencapai tujuan dan keberkahan dari Allah.

Bagaimana menurut Sahabat?





Share this:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes