Sunday, November 8, 2015

Bagaimana Cinta Anda?

Apa yang membuat Anda mencintai anak? Ketika pertanyaan ini ada jawabannya, coba dicek dan dipastikan sekali lagi. Apakah ini sudah menjadi salah satu syarat dalam mencintai anak? 

Sahabat, cinta bersyarat terhadap anak hanya akan mengarah pada perasaan tidak aman, kecemasan, harga diri rendah, dan rasa marah. Apakah anak Anda menunjukkan karakteristik tersebut? Hindari jebakan cinta bersyarat. Sudah sepatutnya mengasihi anak tanpa pamrih.

Coba ingat-ingat kembali beberapa kesempatan ketika Anda merasa mencintai atau mengungkapkan cinta kepada anak. Apakah sebagian besar Anda lakukan sehubungan dengan nilainya sebagai seseorang, ataukah karena prestasi atau sifat positif tertentu yang dimilikinya? Dengan kata lain, apakah Anda cenderung mencintainya dengan syarat ataukah tanpa syarat?


Situasi apa saja baru-baru ini yang membuat Anda menyembunyikan cinta Anda dari anak? Apakah hal ini sering Anda lakukan karena anak tidak memenuhi harapan? Apabila demikian, carilah jalan agar dapat menggabungkan cinta tanpa syarat dengan pendisiplinan yang pantas.

Apabila diukur dengan skala nol hingga sepuluh, berapa tinggi rata-rata ini baterai kasih sayang anak Anda? Pikirkan cara apa saja yang mungkin bisa dilakukan untuk menaikkan kadar baterai kasih sayang anak? Lakukan setiap hari selama seminggu untuk melaksanakan tiga cara yang dapat meningkatkan isi baterai kasih itu.

Ingat kembali semua kenangan masa kanak-kanak Anda yang tidak menyenangkan. Bagaimana orang tua Anda dulu mengisi baterai kasih sayang dan emosional untuk membangun harga diri Anda? Kenangan indah apa saja yang dimiliki anak dan bagaimana hubungan semua kenangan itu dikaitkan dengan cinta tanpa syarat?  

Artikel Pilihan

MENGERIKAN, LGBT Sudah Menyerang Pelajar

Entah harus mulai dari mana. Yang jelas, ketika menuliskan ini, saya masih merasa syok dan tidak percaya. Begitu parahnya kah kehidup...