BREAKING NEWS

Monday, May 23, 2016

Wahai Para Pegawai, Anda Pernah Alami Ini?


Berada di lingkungan kerja yang menyenangkan, sudah pasti menjadi harapan setiap orang. Namun bagaimana jika tempat kerja sudah benar-benar tidak nyaman? Inilah yang belakangan kerap dikeluhkan beberapa karyawan atau pegawai. Ketika berhadapan dengan teman kerja, bawahan, atau atasan, terkadang situasinya sangat tidak menguntungkan. Apalagi, selalu ada saja pegawai atau karyawan yang memang sikapnya menyebalkan, sok menang sendiri, merasa benar sendiri, malas, hingga ikut campur urusan orang. Akibatnya, Anda yang merasa sudah bekerja dengan baik, taat aturan, empati dan selalu menjaga perasaan, lama-lama menjadi jengah dan merasa tidak kuat dengan kondisi tersebut.


Jangka pendek, mungkin bisa meminta mutasi atau berhenti dari jabatan tertentu sebagai solusinya. Namun, apakah ketika pindah di tempat baru atau lingkungan baru, kondisi seperti itu tidak akan ada lagi?   

Disadari atau tidak, menghadapi teman kerja, bawahan atau atasan yang menyebalkan seperti ini, akan sangat menguras energi. Sebab, yang muncul adalah perasaan jengkel, sakit hati, kecewa, dendam, makan hati, dan sederet emosi negatif lainnya. Akibatnya, alih-alih bisa merasa nyaman untuk berusaha mengendalikan perasaan, yang terjadi malah sebaliknya, semakin banyak ketidaknyamanan yang muncul bertubi-tubi.

Anehnya, semakin Anda merasa jengah, sikap orang yang menjengkelkan di tempat kerja Anda itu juga semakin menjadi. Maka, semakin drop lah energi Anda, dan akan semakin tidak nyaman lagi bekerja di tempat tersebut. Jika kondisi ini berlarut, maka target si pengacau untuk membuat Anda tidak betah, berhasil.

Mengendalikan emosi, teorinya memang mudah. Praktinya bagaimana? Praktiknya juga mudah, asal Anda benar-benar mengetahui caranya dan mau melakukannya. Salah satu cara yang terbukti benar-benar ampuh adalah, dengan rutin melakukan relaksasi atau mengatur nafas panjang dan dalam. Tarik nafas melalui hidung, kemudian embuskan perlahan melalui mulut. Dengan setiap embusan nafas, izinkan dan niatkan Anda membuang segala emosi dan perasaan tidak nyaman di dalam diri Anda. Jika ini dilakukan dengan rutin, secara otomatis emosi bisa semakin mudah dikontrol dan dikendalikan.

Hal utama yang perlu diperkuat saat melakukan ini adalah, niat dan keyakinan Anda untuk benar-benar melepaskan semua emosi dan perasaan tidak nyaman tersebut. Silakan coba dan lakukan, kemudian rasakan diri Anda semakin hari semakin tenang dan nyaman. Tak peduli bagaimana sikap si pengacau, niatkan sikap dari si pengganggu itu akan kembali pada dirinya sendiri. Sehingga, Anda bisa semakin tenang, biarlah si pengganggu semakin kacau dengan dirinya sendiri.

Demikianlah kenyataannya. (*)




Share this:

 
Copyright © 2014 Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes