HYPNO NEWS

Friday, January 1, 2016

Tak Mau Makan Nasi Sejak Usia 2 Tahun


Bocah usia 8 tahun ini namanya M Raditya. Menurut ibunya, sejak usia 2 tahun, tidak mau makan nasi. Akibatnya, kedua orang tuanya pun was-was. Khawatir terjadi apa-apa pada anaknya, terutama dari sisi kesehatannya.

Dari Tanjung Redeb, Kabupaten Berau, kedua orang tuanya pun sengaja membawa anak ini ke tempat praktik saya, untuk menjalani sesi hipnoterapi. Tujuannya supaya anak pertama dari tiga bersaudara ini mau makan nasi.


Tak sulit untuk mengajak bicara bocah ini. Radit, begitu biasa disapa, tergolong anak yang cerdas dan pemberani. Terbukti, tanpa diantar kedua orang tuanya, dia berani masuk ke ruang terapi. Mendengar namanya, tentu langsung teringat dengan sosok penulis sekaligus komika terkenal, Raditya Dika.

Ternyata, bocah ini memang suka dengan sosok yang sering muncul dengan filmnya Malam Minggu Miko. “Ya om, saya suka nonton filmnya,” ujar Radit kecil ini. Tak hanya itu, menurut penuturan ayahnya, Radit juga suka membaca karya Raditya Dika, di antaranya Kambing Jantan.

Saking ngefansnya dengan Raditya Dika, Radit pun ikut-ikutan mencoba menulis. Sudah punya banyak file tulisan di komputer yang ada di rumah. Sayang Radit enggan menyebutkan apa saja yang sudah ditulisnya. Dia hanya melemparkan senyum manisnya ketika ditanya soal itu.

Di ruang terapi, Radit mengaku tidak suka makan nasi sejak kecil. “Suka muntah om. Mual kalau makan nasi. Ngga enak,” begitu jawabannya ketika ditanya alasan enggan makan nasi. Akibatnya, konsumsi karbohidrat didapatkan bocah ini dari roti dan sejenisnya. Yang penting bukan nasi.

Tanpa negosiasi yang alot, Radit dengan mudah bersedia dibimbing untuk mau makan nasi. Bocah ini bersedia dibimbing untuk makan nasi karena kelak ingin sekali menjadi dokter.

“Kalau mau jadi dokter, harus pinter dan rajin belajar. Supaya bisa belajar, harus selalu sehat. Supaya sehat, harus makan. Makannya, makan nasi,” begitu kesimpulan yang diambil sendiri oleh Radit saat proses negosiasi.

Dengan mudah, Radit dibimbing untuk mengalami relaksasi yang dalam dan menyenangkan. Setelah bocah ini berada di kedalaman pikiran bawah sadar level profound somnambulism, proses terapi pun dilakukan.

Proses hipnoterapi untuk orang dewasa dan untuk anak-anak, memang berbeda. Namun, alurnya tetap sama. Yang membedakan hanya kalimat sugestinya saja. Saat proses pendidikan di Adi W. Gunawan Institute of Mind Technology, memang sudah diajarkan dan disiapkan skrip khusus untuk proses terapi anak-anak.

Proses terapi tak memakan waktu lama, hanya kurang lebih 10 menit. Begitu dibawa kembali ke kondisi sadar, Radit tersenyum lebar, dan segera menghampiri kedua orang tuanya. Sementara saya segera ke dapur, mengambilkan beberapa sendok nasi, untuk uji coba.

Hasilnya, tanpa ada perasaan takut atau was-was, Radit langsung menyuap sendiri butiran nasi itu ke mulutnya. “Enak,” katanya sembari terus menguyah. Adik Radit, Hesti, yang menyaksikan adegan itu langsung kaget, tubuhnya pun hampir terloncat.

“Kok kakak mau makan nasi,” kata adiknya heran. Radit hanya tertawa melihat response adiknya. Sang adik pun mengusap lengan kakaknya, memberikan dukungan sekaligus ikut merasakan kebahagiaan itu. “Nanti bisa makan sama-sama di KFC,” lanjut si adik semangat.

Tak kalah bergembira, wajah kedua orang tuanya pun sumringah. “Bertahun-tahun mas menunggu momen ini. Akhirnya mau juga makan nasi,” ucap ayah Radit.

Sepulang dari rumah saya, Radit, beserta keluarganya langsung menuju ke salah satu KFC di Samarinda, memenuhi keinginan bocah ini untuk makan nasi pertama kali, setelah bertahun-tahun bermusuhan dengan makanan pokok ini.

“Alhamdulillah mas, bener-bener sudah mau makan nasi, jadi terharu,” begitu pesan yang masuk ke HP saya, dari ayah Radit. Tak lupa, disematkan sebuah foto yang menunjukkan Radit begitu lahap menyantap nasi bersama ayam goreng di restoran siap saji tersebut.


Selamat ya Radit. Semoga cita-citanya menjadi dokter, kelak bisa terwujud. Aamiin… (*)

Share this:

20 comments :

  1. Anak saya umur 3 tahun 7 bulan ga mau makan nasi dari umur 2 tahun kurang dan skr ga mau makan sama sekali..bisakah di hipnoterapi dan berapa biaya nya..terima kasih

    ReplyDelete
  2. anak saya umur 3 tahun,gak mau makan nasi beserta lauk pauknya,yang dia mkan hanya roti buah dan susu,bisakah di hipnoterapi dan berapa biayanya,terima kasih

    ReplyDelete
  3. Anak saya perempuan umur 12th gak mau nasi apa bisa di hipnoterapi ?

    ReplyDelete
  4. Anak saya laki2 11 Th tidak mau makan nasi, kalo di hipnoterai berapa biayanya

    ReplyDelete
  5. Anak saya laki" umur nya 3thn lebih tidak mau makan nasi sejak umur 2taunan...kalo dihipnoterapi berapa biyaya nya...

    ReplyDelete
  6. anak saya umur 4 th lebih semenjak umur 2 tahun iya tdk mw makan nasi buah sayur bahkan lauk pauk ..terkadng hanya susu dan roti krekers saja..yg keras2 klo yg lembek2 dia tidak mw..bisa kah di hipnoterapi dan dimana lokasi..beserta brp biayanya..

    ReplyDelete
  7. Bolehkah saya tahu biayanya n tempatnya..kalo di daerah Tangerang ada gx..anak saya 3 th enggak mau makan nasi juga .sedihh

    ReplyDelete
  8. Anak saya dari bayi nggak mau makan nasi sampe umur 6 tahun skrg, setiap saya suapin nasi pasti muntah dan nangis, nggak suka makanan yg berbumbu...
    Mohon solusinya...

    ReplyDelete
  9. anak saya 2,5th juga ga mau mkn nasi sayur dan lauk pauk.... cm mau kerupukk.... setiap hari cm minum susu aja.... kalo pun mau ngemil mgk cm kue2 gt ato biskuit itu pun ga byk... sy sdh cb berbagai macam cara, mengolah sayur atau nasi tp ttp aja ga mau mkn.... mohon solusinya....

    ReplyDelete
  10. anak saya 4th masih belum mau makan nasi ,,,makanya cuma roti ma cemilan...mohon solosinya

    ReplyDelete
  11. Anak sy umur 4th nggak mau makan nasi dri umur 2th makanny cma minum susu aja....mohon solusiny..

    ReplyDelete
  12. Anak sy umur 4th nggak mau makan nasi dri umur 2th makanny cma minum susu aja....mohon solusiny..

    ReplyDelete
  13. Anak sy umur 4th nggak mau makan nasi dri umur 2th makanny cma minum susu aja....mohon solusiny..

    ReplyDelete
  14. Anak saya sekarang umur 3thn 7 bln mulai dri umur 9 bln tdk mau mkn nasi padahal dulu mkn mpasi mau kalau ikut hipnoterapi berapa biayanya ua? Trimakasih

    ReplyDelete
  15. Anak saya dari umur 2 tahun sampai sekarang 4 tahun, tidak mau makan, brp biaya hipnoterapi nya ?

    ReplyDelete
  16. Anak saya usia 21 bln tidak mau makan nasi,lauk pauk,yg bertekstur lembek hanya mau mkan biscuit dan sejenis creker saja,mohon solusinya,kalau mau hipnoterapi berpa biayanya?

    ReplyDelete
  17. Mohon mf Boleh tau lokasi dan biaya untuk terapi 1 anak? Kebetulan anak saya 2,dua-duanya susah tdk mau makan

    ReplyDelete
  18. Anak saya dari bayi tidak mau makan nasi, sayur, buah dan lauk pauk. Skrg sdh mau 5 tahun. Makan nya cuma susu, roti dan cemilan yg kurang sehat. Saya di batam. Adakah tempat hypnotherapy nya? Brp biayanya?

    ReplyDelete

 
Copyright © 2014 Hipnoterapi Endro S. Efendi, CHt, CT, CPS.. Designed by OddThemes